Senin, 14 Januari 2008

Ngenet, Awas Virus!..>> Virus? Siapa takut?..

Virus, bukan hal yang aneh bagi para netter (orang yang suka ngenet). Berani ngenet juga harus berani resiko kena virus (data kita). Tapi ketakutan tidak menyelesaikan masalah. Dan yang namanya masalah harus dihadapi, bukan dihindari. Jadi g perlu takut gtu loch... ^_^
Di internet terdapat jutaan dan bahkan milyaran virus, ribuan virus diciptakan tipa harinya, baik untuk tujuan baik maupun buruk. Terkadang virus tertentu sengaja dibuat oleh produsen antivirus, hal ini sangatlah mungkin untuk mengangkat rating produknya. Pada prinsipnya, virus menyerang system, walaupun terkadang serangan terhadfap sistem tersebut mengakibatkan rusaknya data.
Buat terhindar dari virus yang cukup bikin pusing, aq bagi sedikit tipsnya,

Install antivirus

Antivirusa sangat beragam, mulai dari yang internasional, maupun lokal buatan Indonesia. Satu hal yang pasti, program antivirus memiliki kelemahan dan kelebihan masing-masing. Misal virus A, dapat terdeteksi oleh program antivirus AA tetapi tak terdeteksi oleh antivirus BB, demikian sebaliknya, virus B dapat terdeteksi oleh antivirus BB tetapi tak dikenali oleh antivirus AA.
Sepintas kita akan berpikir, "Install dua-duanya aja kan beres". Pendapat itu mungkin benar, tetapi bisa juga salah. Instalasi lebih dari satu program akan mengakibatkan sistem operasi jadi kacau, terkadang antivirus satu akan dianggap sebagai virus oleh antivirus lainnya. Jadi sebaiknya JANGAN INSTALL LEBIH DARI SATU ANTIVIRUS, tetapi klo ingin memaksakan diri menggunakan lebih dari satu, disarankan salah satunya adalah antivirus yang standalone (tidak perlu diinstall) sehingga registry windows (virus lebih banyak dibuat di platform windows) tidak jadi kacau.

Jangan Double klik sembarangan Folder

Beberapa virus berkamuflase seperti folder (bentuk dan iconnya menyerupai folder) padahal sesungguhnya itu adalah file eksekusi (*.exe) hal inilah yang dapat mengakibatkan virus tersebar. Caranya mudah, kita dapat membuat setting windows explorer untuk selalu menampilkan ekstensi file dengan menekan menu Tools>>Folder Options dan memilih Tab View, kemudian hilangkan tanda check [ v ] pada keterangan Hide extension for kwown file types

Unhide beberapa type file
Hal ini difungsikan agar virus dapat terlihat di windows explorer. Beberapa virus memanfaatkan file-file sistem seperti autorun.inf untuk menjalankan program exe sebagai induk virusnya.

Oleh karena itu Waspadalah ketika membuka flashdisk atau drive. Untuk lebih amannya, biasakan menggunakan perintah explore daripada double klik untuk membuka folder. Hal ini karena file tidak akan bisa diexplorer kecuali folder, atau drive. Jadi kita akan terhindar dari ketidak sengajaan menjalankan/menyebar virus karena double klik file exe yang menyamar sebagai folder. Perintah explore juga lebih aman karena file autorun.inf juga tidak akan dijalankan.

Uda dulu ya tipsnya kapan-kapan disambung lagi.. I have to call somebody.. C...U..
^_^

Diposting oleh dhega di 14.22 |  

0 komentar:

Langganan: Posting Komentar (Atom)